Cara Menyesuaikan Belajar di Pondok Pesantren
Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswa tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan istilah kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Suasana dan peraturan Pesantren yang jauh berbeda dengan lingkungan rumah para santri menuntut mereka untuk mampu menyesuaikan diri, terlebih lagi untuk para santri baru. Penyesuaian diri adalah suatu proses dinamis yang bertujuan untuk mengubah perilaku individu agar terjadi kesesuaian antara perilaku dan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penyesuaian diri pada Santri baru Pondok pesantren Uswatun hasanah. Subjek yang digunakan merupakan Para santri baru Pondok Pesantren Uswatun Hasanah tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 150 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan skala penyesuaian diri yang disusun berdasarkan karakteristik dan faktor penyesuaian diri (Schneiders, 1964). Hasil analisa data menunjukkan bahwa kemampuan penyesuaian diri pada Santri Baru pondok pesantren Uswatun Hasanah berada pada kategori Tinggi, hal ini membuktikan bahwa lingkungan, budaya, pengalaman santri dan strategi guru dalam mendidik menjadi sangat penting bagi penyesuaian diri para santri baru.
